Senin, 13 Maret 2017

Pengaruh munculnya Teknologi dalam Perekonomian Indonesia

            Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
            Dengan adanya teknologi, manusia sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar dengan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan dengan adanya teknologi tersebut, yang akan dapat membahayakan manusia itu sendiri.
            Dalam perekonomian suatu negara, saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Banyak berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Namun sekali lagi, perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif. Dimana masih banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan kejahatan. Dengan demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.
Dampak Positif :
            Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
Dampak Negatif :
            Banyak terjadinya pengangguran dikarenakan semakin meningkatnya kualifikasi yang dibutuhkan secaras sesuai, membuat semakin banyak masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan. Pada kasus ini menybabkan banyak yang depresi dan stres

            Contoh kasus yang terjadi di Indonesia pada akhir akhir ini yang berhubungan dengan munculnya teknologi baru yang berkaitan dengan Perekonomian adalah Jasa Angkutan Online dengan Angkutan Umum lainnya. Kasus tersebut seringkali diperbincangkan oleh warga Indonesia akhir-akhir ini. Alesannya karena Jasa Angkutan Online dipandang telah merebut pasar dari Jasa Angkutan Umum lainnya seperti Bus, Angkot, ataupun Ojek biasa. Mereka merasa sangat tersaingi dengan munculnya teknologi baru seperti itu.  Sehingga kalangan yang tidak terima akan hal tersebut sering mengadakan demo ataupun aksi lainnya yang bisa tergolong sering anarkis.
            Jika kita pandang, sebenarnya dengan adanya teknologi baru seperti itu adalah sangat menguntungkan bagi para konsumennya. Semakin kesini zaman sudah semakin canggih. Apapun bisa kita lakukan dengan praktis dan simple. Dan kebanyakan orang Indonesia memang suka dengan hal yang seperti itu. Selain praktis dan simple, harganya pun dapat lebih hemat dibandingkan dengan jasa angkutan umum lainnya.
            Dari segi pelayanan pun sangat menguntungkan. Kita bisa bandingkan jika kita menaiki sebuah kendaraan umum seperti angkot, pasti mereka harus menunggu penumpang lainnya dahulu sampai kuota angkot  itu penuh. Dari situ kita sudah banyak memakan banyak waktu untuk menunggunya saja. Sedangkan Jika kita menggunakan Jasa Angkutan Online, itu hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat saja dan langsung diantarkan ke tempat tujuan kita. Ditambah dengan fasilitas-fasilitas yang telah diberikan juga seperti helm, masker ataupun lainnya yang menambah kenyamanan tersendiri bagi konsumen.
            Apakah yang perlu kita pikirkan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan oleh masing-masing pihak? Semuanya mempunyai opini berbeda-beda akan hal ini. Menurut saya sendiri, saya sangat menyetujui dengan adanya teknologi Online seperti itu, karena Bangsa yang Ekonominya maju adalah bangsa yang sudah mengikuti proses ke arah yang lebih maju  juga. Nah dengan hal ini otomatis Indonesia sudah satu langkah lebih maju di bidang perekonomiannya. Apalagi teknlogi ini sangat banyak menimbulkan keuntungan tersendiri bagi para konsumennya. Namun menurut saya Angkutan umum pun  jangan dihilangkan. Karena belum semua orang paham dengan teknologi tersebut. Tetapi ada hal penting yang harus diperhatikan jika angkutan umum tersebut masih mau diminati oleh warga Indonesia. Sistem sistem yang belum maksimal, harus dimaksimalkan. Seperti contohnya peristiwa angkot tadi, yaitu menunggu sampai penumpang penuh dulu kemudian baru jalan. Hal tersebut harus diubah menjadi misalkan dibuatkan jadwal tertentu yang sudah pasti jalan. Dengan seperti itu konsumen pasti akan nyaman untuk naik kendaraan tersebut. Dan bisa juga misalkan dengan adanya pembagian wilayah Jasa Online dengan Angkutan umum biasa. Agar peluang-peluang mendapatkan konsumen tidak bisa diangkut semua. Dan pastinya kendaraan umum lainnya masih bisa berjalan seperti biasanya.
Sekian Opini saya tentang Pengaruh Teknologi di Perekonomian Indonesia

Penulis : Rismawati

Sumber : Iyan Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar